TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MODEL PROMOSI UMROH SISTEM MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI di TOKO BUSANA MUSLIM RABBANI JOMBANG

Penulis

  • Nur Laily Hidayati
  • Muhammad Khoirun Nasirin
  • Nur Aulia

DOI:

https://doi.org/10.64454/tj.v2i02.30

Kata Kunci:

Pemasaran, Promosi, Member card

Abstrak

Pemasaran merupakan “suatu seni menjual produk”, sehingga proses pemasaran yang dimulai dari perancangan produk sampai dengan setelah produk tersebut terjual. Berbeda dengan penjualan yang berkutat pada terjadinya transaksi penjualan barang atau jasa. Promosi merupakan strategi yang digunakan bagi perusahaan untuk menarik dan mepertahankan konsomennya. Toko Rabbani merupakan perusahaan garment yang bergerak dalam bidang retail busana muslim dengan tagline “Profesor Kerudung Indonesia”.

Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1. bagaimana model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang? 2. bagaimana tinjauan hukum islam terhadap model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang? , maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap model promosi umroh sistem member card dalam transaksi jual beli di Toko Busana Muslim Rabbani Jombang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan metode wawancara dan dokumnetasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh Toko Busana Muslim Rabbani secara besar menggunakan strategi promosi yang meliputi dari periklanan (Adversiting), promosi penjualan (Sales Promotion), penjualan pribadi (personal selling), dan publisitas (publicity). Dari analisis model promosi yang dilakukan Toko Busana Muslim Rabbani dalam menarik konsumen, dengan menciptakan inovasi terbaru. Sehingga Toko Busana Muslim Rabbani menjadi leader.

Diterbitkan

23-11-2024

Cara Mengutip

Hidayati, N. L., Nasirin, M. K., & Aulia, N. (2024). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MODEL PROMOSI UMROH SISTEM MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI di TOKO BUSANA MUSLIM RABBANI JOMBANG. TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 2(02). https://doi.org/10.64454/tj.v2i02.30